STATISTIK/PROBABILITAS
NAMA : SYAFRIADIN
NPM :
17 630 110
TUGAS 5 : STATISTIK/PROBABILITAS
UJI BEDA RATA-RATA
1. Olah Data t Satu Sampel
Uji
t untuk satu sampel dalam istilah lain biasanya disebut dengan One Sample t-test Method, merupakan
prosedur uji t untuk sampel tunggal jika rata-rata suatu variabel tunggal
dibandingkan dengan suatu nilai konstanta tertentu. Uji t dipakai jika jumlah
data sampel di bawah 30. Syarat uji t
satu sampel :
- Data
merupakan data kuantitatif
- Memenuhi
asumsi berdistribusi normal
Hipotesis
H0
: µ1 = µ2
H1
: µ1 ≠ µ2
Statistik Uji
Contoh Kasus : Studi Kasus universitas X mengadakan
penelitian mengenai ratarata IQ mahasiswanya. Menurut isu yang berkembang, IQ
para mahasiswa yang menuntut ilmu di Universitas tersebut kurang dari 140.
Untuk membuktikan kebenaran isu tersebut, tim riset ingin mengambil sampel
secara acak sebanyak 50 orang mahasiswa, kemudian melakukan test IQ kepada
mereka. Data hasil tes IQ mahasiswa tersebut diperoleh data sebagai berikut:
No.
|
Nilai Ujian
|
1
|
154
|
2
|
140
|
3
|
138
|
4
|
134
|
5
|
141
|
6
|
140
|
7
|
144
|
8
|
139
|
9
|
149
|
10
|
141
|
11
|
141
|
12
|
143
|
13
|
140
|
14
|
138
|
15
|
137
|
16
|
145
|
17
|
132
|
No.
|
Nilai
Ujian
|
18
|
143
|
19
|
141
|
20
|
141
|
21
|
135
|
22
|
145
|
23
|
138
|
24
|
144
|
25
|
143
|
26
|
147
|
27
|
146
|
28
|
144
|
29
|
143
|
30
|
138
|
31
|
135
|
32
|
139
|
33
|
140
|
34
|
145
|
No.
|
Nilai
Ujian
|
35
|
134
|
36
|
136
|
37
|
142
|
38
|
138
|
39
|
148
|
40
|
142
|
41
|
136
|
42
|
148
|
43
|
141
|
44
|
139
|
45
|
141
|
46
|
135
|
47
|
135
|
48
|
149
|
49
|
143
|
50
|
140
|
Analisis Kasus
Penelitian
ini bertujuan untuk menguji hipotesis ratarata IQ para mahasiswa Universitas
X. Dalam kasus ini, tidak ada informasi apapun mengenai nilai ragam populasi
dari IQ mahasiswa di Universitas X. Oleh karena itu, statistik uji yang paling
tepat adalah uji t satu sampel. Perlu diketahui bahwa uji t mengasumsikan bahwa
sampel yang diambil berasal dari populasi yang terdistribusi atau menyebar
normal (memiliki sebaran normal). Maka, harus dilakukan pengujian mengenai
asumsi kenormalan. Statistik uji untuk kenormalan data yang paling sering
digunakan untuk kasus ini adalah menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov atau juga disebut Lilliefors Test.
Uji Kenormalan Data
H0: Data menyebar normal v.s.
H1: Data tidak menyebar
normal.
α = 0.05
Hasil analisis:
Lilliefors ( Kolmogorov-Smirnov)
normality test
data: IQ
D = 0.1, p-value = 0.2416
Kesimpulan:
TERIMA H0, karena pvalue > 0.05. Hal ini menunjukkan
bahwa data menyebar normal. Dengan demikian, ujit dapat dilakukan untuk
melakukan pengujian hipotesis bagi data IQ mahasiswa Universitas X.
Pengujian
hipotesis dengan 1-sampel t-test.
H0:
≥ 135 v.s.
H1:
< 135 (Uji 1 arah)
α
= 0.05
Hasil analisis:
One Sample t-test data: IQ
t = 1.5621, df = 49, p-value = 0.9377
alternative hypothesis: true mean is less than 140
95 percent confidence interval: -Inf 142.0732
sample estimates: mean of x 141
Kesimpulan:
TERIMA H0, karena pvalue
> 0.05. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa isu yang berkembang selama
ini yang menyatakan bahwa ratarata IQ mahasiswa Universitas X kurang dari 140
adalah tidak benar. Justru, ratarata IQ mahasiswa Universitas X lebih besar
atau setidaktidaknya sama dengan 140.
2. Olah Data t
dua Sampel
Bila seorang peneliti ingin
mengetahui apakah parameter dua populasi berbeda atau tidak, maka uji statistik
yang digunakan disebut uji beda dua mean. Umumnya, pendekatan yang dilakukan
bisa dengan distribusi Z (uji Z), ataupun distribusi t (uji t). Uji Z dapat digunakan bila (1)
standar deviasi populasi (σ) diketahui, dan (2) jumlah sampelnya besar (>
30). Bila kedua syarat tersebut tidak terpenuhi, maka jenis uji yang digunakan
adalah uji t dua sampel (two sample
t-test).
Berdasarkan hubungan antar
populasinya, uji t dapat digolongkan kedalam dua jenis uji, yaitudependent sample t-test, dan independent sample t-test:
a.
Dependent sample t-test
Dependent sample t test atau
sering diistilakan dengan Paired
Sampel t-Test, adalah jenis uji statistika yang bertujuan untuk
membandingkan rata-rata dua grup yang saling berpasangan. Sampel berpasangan
dapat diartikan sebagai sebuah sampel dengan subjek yang sama namun mengalami 2
perlakuan atau pengukuran yang berbeda, yaitu pengukuran sebelum dan sesudah
dilakukan sebuah treatment. Syarat jenis uji ini adalah: (a) data berdistribusi
normal; (b) kedua kelompok data adalah dependen (saling
berhubungan/berpasangan); dan (c) jenis data yang digunakan adalah numeric dan
kategorik (dua kelompok). Rumus t-test yang digunakan untuk sampel berpasangan
(paired) adalah:
Contoh : bila seorang
Manejer perusahaan ingin mengetahui apakah ada perbedaan prestasi penjualan
seles setelah mengikuti pelatihan marketing. Setelah dilakukan rekapitulasi
jumlah penjualan terhadap 15 orang sales, diperoleh data sebagai berikut:
Kode sales
|
Rata-rata Penjualan (Unit/hari)
|
|
Sebelum Mengikuti Program
pelatihan
|
Setelah Mengikuti Program Pelatihan
|
|
Sales 1
|
2
|
4
|
Sales 2
|
3
|
3
|
Sales 3
|
3
|
4
|
Sales 4
|
2
|
3
|
Sales 5
|
3
|
4
|
Sales 6
|
3
|
5
|
Sales 7
|
4
|
3
|
Sales 8
|
2
|
3
|
Sales 9
|
3
|
3
|
Sales 10
|
4
|
4
|
Sales 11
|
4
|
4
|
Sales 12
|
4
|
4
|
Sales 13
|
2
|
4
|
Sales 14
|
3
|
3
|
Sales 15
|
3
|
3
|
Merumuskan hipotesis, yaitu:
Ho = Rata-rata penjualan sebelum mengikuti program pelatihan =
Rata-rata penjualan setelah mengikuti program pelatihan,
H1 = Rata-rata penjualan sebelum mengikuti program pelatihan ≠
Rata-rata penjualan setelah mengikuti program pelatihan.
b.
Independent sample t-test
Independent sample t-tash adalah
jenis uji statistika yang bertujuan untuk membandingkan rata-rata dua grup yang
tidak saling berpasangan atau tidak saling berkaitan. Tidak saling berpasangan
dapat diartikan bahwa penelitian dilakukan untuk dua subjek sampel yang
berbeda. Prinsip pengujian uji ini adalah melihat perbedaan variasi kedua
kelompok data, sehingga sebelum dilakukan pengujian, terlebih dahulu harus
diketahui apakah variannya sama (equal
variance) atau variannya berbeda (unequal
variance). Homogenitas varian diuji berdasarkan rumus:
Data dinyatakan memiliki varian yang sama (equal variance) bila F-Hitung < F-Tabel, dan sebaliknya,
varian data dinyatakan tidak sama (unequal
variance) bila F-Hitung > F-Tabel.
Bentuk varian kedua kelompok data akan berpengaruh pada
nilai standar error yang
akhirnya akan membedakan rumus pengujiannya.
Uji t untuk varian yang sama (equal variance) menggunakan rumus Polled Varians:
Uji t untuk varian yang berbeda (unequal variance) menggunakan rumus Separated Varians:
Contoh kasus. Kita ingin menguji
metode pembelajaran baru terhadap tingkat penguasaan materi ajar pada
mahasiswa.
1. Hipotesis
2. Data hasil penelitian dari
penggunaan metode pembelajaran baru adalah sebagaimana tertera pada Tabel 1.
Tabel 1. Data hasil penelitian
dari penggunaan metode pembelajaran baru
Mahasiswa
|
Nilai
Pre-test
|
Nilai
post-test
|
1
|
70
|
75
|
2
|
60
|
65
|
3
|
50
|
70
|
4
|
65
|
80
|
5
|
55
|
60
|
6
|
40
|
60
|
7
|
45
|
70
|
8
|
65
|
70
|
9
|
60
|
65
|
10
|
70
|
75
|
11
|
60
|
65
|
12
|
50
|
75
|
13
|
30
|
65
|
14
|
45
|
70
|
15
|
40
|
70
|
3. Data analisis adalah sebagai
berikut
Tabel
2. Tabel analisis data
Mahasiswa
|
Nilai
Pre-test
|
Nilai
post-test
|
Perbedaan
|
|
n
|
y1
|
y2
|
D
|
D2
|
1
|
70
|
75
|
5
|
25
|
2
|
60
|
65
|
5
|
25
|
3
|
50
|
70
|
20
|
400
|
4
|
65
|
80
|
15
|
225
|
5
|
55
|
60
|
5
|
25
|
6
|
40
|
60
|
20
|
400
|
7
|
45
|
70
|
25
|
625
|
8
|
65
|
70
|
5
|
25
|
9
|
60
|
65
|
5
|
25
|
10
|
70
|
75
|
5
|
25
|
11
|
60
|
65
|
5
|
25
|
12
|
50
|
75
|
25
|
625
|
13
|
30
|
65
|
35
|
1225
|
14
|
45
|
70
|
25
|
625
|
15
|
40
|
70
|
30
|
900
|
Jumlah
|
805
|
1035
|
230
|
5200
|
Y
|
53.67
|
69
|
|
Hitunglah
S2D =
[∑D2 – ((∑D)2/n)]/[n-1]
= [5200 –((230)2/15)]/[15-1]
= (5200 – 1673.333)/14 = 119.5238
S = √S2D/n
= √119.5238/15 = √7.968254 =2.82281
thit =(1 – 2)/S
= (53.67 – 69)/2.82281 = -15.33/2.82281= -5.43076
Setelah itu, kita lihat nilai t
table, sebagai nilai pembanding. Cara melihatnya adalah sebagai berikut. Pertama
kita lihat kolom α = 0.025 pada Tabel 3. Nilai α ini berasal dari α 0.05 dibagi
2, karena hipotesis HA kita adalah hipotesis 2 arah (lihat hipotesis).
Kemudian, kita lihat baris ke 14. Nilai 14 ini adalah nilai df, yaitu n-1.
Nilai n adalah jumlah mahasiswa, yaitu 15 orang. Akhirnya, kita peroleh nilai
t table = 2.145.
t table =
t α/2 (df) = t0.05/2 (n-1)=t0.025(15-1) =
t0.025(14) = 2.145
Tabel
3. Nilai t
df
|
α
|
|||
0.05
|
0.025
|
0.01
|
0.005
|
|
1
|
6.314
|
12.706
|
31.821
|
63.657
|
2
|
2.920
|
4.303
|
6.965
|
9.925
|
3
|
2.353
|
3.182
|
4.541
|
5.841
|
4
|
2.132
|
2.776
|
3.747
|
4.604
|
5
|
2.015
|
2.571
|
3.365
|
4.032
|
6
|
1.943
|
2.447
|
3.143
|
3.707
|
7
|
1.895
|
2.365
|
2.998
|
3.499
|
8
|
1.860
|
2.306
|
2.896
|
3.355
|
9
|
1.833
|
2.262
|
2.821
|
3.250
|
10
|
1.812
|
2.228
|
2.764
|
3.169
|
11
|
1.796
|
2.201
|
2.718
|
3.106
|
12
|
1.782
|
2.179
|
2.681
|
3.055
|
13
|
1.771
|
2.160
|
2.650
|
3.012
|
14
|
1.761
|
2.145
|
2.624
|
2.977
|
15
|
1.753
|
2.131
|
2.602
|
2.947
|
16
|
1.746
|
2.120
|
2.583
|
2.921
|
17
|
1.740
|
2.110
|
2.567
|
2.898
|
18
|
1.734
|
2.101
|
2.552
|
2.878
|
19
|
1.729
|
2.093
|
2.539
|
2.861
|
20
|
1.725
|
2.086
|
2.528
|
2.845
|
21
|
1.721
|
2.080
|
2.518
|
2.831
|
22
|
1.717
|
2.074
|
2.508
|
2.819
|
23
|
1.714
|
2.069
|
2.500
|
2.807
|
24
|
1.711
|
2.064
|
2.492
|
2.797
|
25
|
1.708
|
2.060
|
2.485
|
2.787
|
26
|
1.706
|
2.056
|
2.479
|
2.779
|
27
|
1.703
|
2.052
|
2.473
|
2.771
|
28
|
1.701
|
2.048
|
2.467
|
2.763
|
29
|
1.699
|
2.045
|
2.462
|
2.756
|
30
|
1.697
|
2.042
|
2.457
|
2.750
|
40
|
1.684
|
2.021
|
2.423
|
2.704
|
50
|
1.676
|
2.009
|
2.403
|
2.678
|
100
|
1.660
|
1.984
|
2.364
|
2.626
|
10000
|
1.645
|
1.960
|
2.327
|
2.576
|
4. Kriteria Pengambilan
Kesimpulan
5. Kesimpulan
Karena nila |thit|=
5.431 (tanda minus diabaikan) dan nilai t table=2.145, maka
kita tolak H0, alias kita terima HA. Dengan demikian,
1≠ 2,
yaitu nilai pre-test tidak sama dengan nilai post-test. Lebih lanjut, kita
lihat bahwa rata-rata nilai post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test.
Secara lengkap, kita dapat menyimpulkan bahwa metode pembelajaran baru secara
nyata dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi ajar yang
diberikan.
Komentar
Posting Komentar